HILANGKAN KEDUTAN SEPARUH WAJAH (HEMIFACIAL SPASM) DENGAN TINDAKAN MIKROVASKULER DECOMPRESSION

Kedutan separuh wajah yang spontan atau dikenal dengan Hemifacial Spasm merupakan kelainan pada saraf yang diakibatkan karena menempelnya pembuluh darah pada saraf no.7 yang berfungsi menggerakankan wajah, ketika pembuluh darah berdenyut, maka adanya rangsangan pada saraf no. 7 yang membuat wajah bergerak/berkedut. Kedutan yang terjadi seringnya didaerah mata, pipi dan leher tanpa bisa dikendalikan.

Hal tersebut pun bisa terjadi akibat kelelahan dan stress saat bekerja. Terkadang kedutan yang terjadi dapat menimbulkan rasa nyeri, sehingga membuat siapapun yang mengalami kelainan ini merasakan depresi maupun frsutasi.

Kelainan saraf ini tidak dapat disembuhkan dengan obat, salah satunya cara dengan melakukan operasi Mikrovaskuler Decompression yang dilakukan oleh Dokter Spesialis Bedah Saraf. Operasi Mikrovaskuler Decompression ini merupakan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan mikroskop khusus yang akan dimasukan hingga ke rongga kepala, dengan tujuan memisahkan pembuluh darah yang menempel dengan saraf no. 7, sehingga menghilangkan kedutan yang mengganggu didaerah wajah.

Sebelum melakukan operasi, pasien akan di periksa terlebih dahulu, mulai dari pemeriksaan laboratorium, foto dada dan rekam jejak diperlukan untuk melihat kondisi kesiapan pasien dan meminimalis kecelakan pada saat berlangsungnya operasi. Pasien akan dibius total sebelum dilakukannya operasi, hal ini membuat kondisi otak akan tetap lunak, sehingga memudahkan petugas untuk menjangkau target disekitar otak.

“membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam didalam kamar operasi, oleh karena itu sumberdaya yang kita miliki juga harus mempunyai keahlian yang cermat dan cekatan, ditambah dengan fasilitas penunjang yang membantu petugas melakukan tindakan” ujar dr. Mulyo Hartana, SpPD, Direktur Utama RS JIH disela-sela rutinitasnya.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, kini Rumah Sakit JIH memiliki sumberdaya dan fasilitas yang dibutuhkan untuk mengatasi penderita Hemifacial Spasm. Keberadaan dokter spesialis bedah saraf, seperti dr. Rahmat Andi Hartanto Sp.BS dan dr. Adiguna Suryo Wicaksono Sp.BS, di RS “JIH” menjadikan rumah sakit ini mampu melayani pengobatan yang dibutuhkan bagi penderita Hemifacial Spasm.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Call Center 24 Jam di 0274 446 3535 ext.1 atau Customer Service di 0811 282 3535 via whatsapp.

  • By Humas Rumah Sakit JIH
  • 11 April 2018